Artikel 

Meaning of word : Dependensi

Oleh: Witri Sawalia

DEPENDENSI / DEPENDENCE

The meaning
 
de.pen.den.si/dépéndensi/
 1.n keadaan bergantung kepada orang lain karena belum dapat hidup sendiri (tentang orang); ketergantungan.

de.pend.ence/diˈpendəns/
 1.n the state of needing the help and support of somebody or something in order to survive or be successful.

Comes to ride.
It’s just my Opinion of describing something. Selayaknya koran yang biasa saya beli di halte busway, didalamnya terdapat sebuah rubrik mengenai Opini. Jadi saya ingin juga punya laman opini, hanya saja berbeda dalam hal tema yang diangkat. Well, I think it’s fine to have some Opinion. Jadi disini saya akan mendiskripsikannya, by my sight. Tapi seperti biasa, pasti dibumbui dengan curhatan ala-ala haha…

Semua berasal dari sebuah chat-tan bersama seorang teman. Ketika saya membalas kurang lebih seperti ini,  ‘gue gak akan seegois itu kalo make duit orangtua.‘ dan teman saya menjawab sekiranya begini ‘dihh masih pake duit orang tuaa.‘ dan saya nyadar banget ini maksudnya apa, dan saya juga merasa bahwa dia benar. Saya masih bergantung kepada orang tua di umur yang menginjak dua puluh satu tahun ini. Tahun dimana umur, harusnya kalau bisa, saya kuliah sambil nyambi untuk menghasilkan uang. Tapi nyatanya? malah berlawanan arah.

Kamu tahu ? kepahitan kala sadar terhadap diri sendiri itu rasanya lebih pelik. Dan saya sedang merasa pelik.

The Opinion.
Menurut saya sih, kata ‘Dipendensi’ sudah jelas banget artinya berdasarkan kamus KKBI. Dimana kata ini menandakan suatu keadaan dimana seseorang belum bisa hidup sendiri, atau singkatnya ‘Belum Mandiri’. Pengelompokan seseorang yang dimaksud ini, bisa anak-anak, remaja, bahkan manusia dewasa yang ‘Belum Dewasa secara Keuangan’ sehingga ia masih bergantung, dan terus hidup bersama orang yang mampu menopangnya. Baik dari keluarga, maupun seseorang diluar keluarga. Kata ini juga sebenarnya memiliki dua arti lainnya, namun saya lebih suka pengertian pertama. Karena sederhana, dan kedengaran match banget sama keadaan saya saat ini. Jadi saya hanya ingin tahu, oh jadi ini loh sebutan keadaan saya yang lebih kerennya haha…

Dalam kamus Oxford juga, dia memiliki pengertian yang sama. Iyalah, dalam satu dunia juga pasti memiliki arti yang sama. yang belum saya ketahu ini, dari mana kata ini berasal? sepertinya kata ini merupakan kata serapan. Tapi dari mana? okeh, kalau begitu saya akan cari di Wiki.

I didn’t find this.
Saya barusan nyari di Wiki. gak ketemu, yang ada hanyalah Teori Dependensi. Dimana dari kata ini, dikembangkan atau dibuatnya sebuah teori. Atau mungkin dari teori tersebut, kata ini baru diresmikan? waduh, saya gak tahu. kata dahulu atau teori dahulu? saya tidak tahu. Yang saya tangkap, Teori Dependensi ini lebih sejalan dengan Pengertian Dipendensi yang ke-dua yang tidak saya sisipkan diatas. yaitu,

2. n keadaan tidak merdeka, di bawah kekuasaan atau pengaruh negara lain (tentang negara); keadaan dijajah

Dalam pengertian kedua, kata ini menjadi wajah dalam kalimat-kalimat yang mengandung hal tentang negara. Yang memiliki definisi dimana suatu negara masih dalam keadaan terjajah atau masih dipengaruhi  maupun dikuasai oleh negara lain. Kalau tentang Teori Dependensi-nya sendiri sih, teori ini mengenai pandangan terhadap pembangunan Negara Dunia Ketiga. Negara Dunia Ketiga yang dimaksudkan itu adalah negara yang terbentuk setelah Perang Dunia ke II, yaitu Negara-negara yang eksis saat ini. Nah dalam teori ini, dimuatnya suatu pandangan dimana bahwa Pembangunan suatu negara apalagi kepada Pertumbuhan Ekonomi, itu dipengaruhi oleh Negara lain. masihlah yah pasti haha… dan dari sini terlihat adanya ketidak singkronisasi antara Negara Pusat, Kaya dan Maju terhadap Negara pinggiran dan miskin lainnya.

Jadi, Pertumbuhan yang ada di Negara Maju, tidak serta merta mempengaruhi Pertumbuhan ekonomomi di Negara Miskin. Dan Teroi Dependensi ini, kalau kata Wiki sih,

‘ Mewakili “suara negara-negara pinggiran” untuk menantang hegemoni ekonomi, politik, budaya dan intelektual dari negara maju.’


Saya gak ngerti kamu paham atau tidak. Yang saya simpulkan “Dependensi” dalam artian ke dua ini, telah terjadi saat ini. Namun, secara tersirat dan lebih kepada Pembangunan Ekonomi.

Bibliography :
–  KKBI
– Oxford Dictionary
– Wikipedia 

Related posts

Leave a Comment

Support by: Jasa Web SEO